Jumat, 14 September 2012

Paragraf Eksposisi

Definisi: Salah satu bentuk retorika/tulisan yang berusaha menerangkan dan menguraikan suatu pokok pikiran yang dapat memperluas pandangan atau pengetahuan pembaca. Paragraf Eksposisi ini biasa digunakan dalam laporan-laporan ilmiah populer, oleh karena itu tidak terdapat unsur subjektifitas dari penulis.

Syarat penulisan Paragraf Eksposisi
  1. Mengetahui subjek yang ingin ditulis (meskipun sedikit)
  2. Memperluas pengetahuan mengenai subjek yang ingin diteliti. Dapat menggunakan penelitian lapangan atau penelitian pustaka
  3. Bahan kemudian diseleksi; dievaluasi; diolah; dianalisis dan dapat dituangkan ke dalam satu karangan.
Metode Penulisan Paragraf Eksposisi
1. Indentifikasi    Menyebutkan ciri-ciri sehingga dapat dikenali oleh para pembacanya. Contoh:
Kecelakaan pesawat aero_airlines, Senin (10/9) lalu menewaskan 3 orang wanita berusia 27-30 tahun. Sampai saat ini belum diketemukan identitas korban. Adapun ciri-ciri berkulit sawo matang; rambut ikal berwarna hitam dan sebahu; salah seorang mayat memiliki tanda lahir berwarna coklat di punggung bagian belakang.Bagi keluarga korban pesawat aero_airlines yang masih mencari keberadaan anggota keluarganya dapat melihat jenasah untuk mengenali salah satu dari 3 korban kecelakaan di Rumah Sakit Bayangkharo.

2. Perbandingan
    Membandingkan objek satu dengan yang lain dalam kelas yang sama dan harus harmonis dengan bidang pembanding pembaca. Contoh :
Berbeda dengan lumba-lumba bernama Jet dan singa laut yang bernama Miri. Kedua hewan yang sama-sama berusia 3 bulan itu justru bersahabat. Jet dan Miri tinggal di sebuah kolam di Pet Porpoise Pool Harbour, Australia.

3. Klarifikasi
    Mengelompokkan subjek sesuai dengan tempat / keberadaan seharusnya. Contoh:
Buah ini dapat dikelompokkan ke dalam jenis buah magga campuran. Hasil cangkok dari mangga manalagi dan mangga indramayu sehingga dapat menghasilkan mangga campuran bernama mangga apel.

4. Definisi
    Mengartikan subjek sesuai dengan sumber pustaka yang sesuai. Contoh:
Menurut KBBI Sugesti dapat diartikan 1. pendapat yg dikemukakan (untuk dipertimbangkan); anjuran; saran; 2 pengaruh dsb yg dapat menggerakkan hati orang dsb; dorongan.

5. Analisa
    Harus didasari pada proses / komponen yang sesuai
6. Ilustrasi 
    Menggambarkan objek yang ingin diteliti
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar